LOGIN FORM

Forgot Password Forgot Email
Home > Articles > Ekuivalensi Tabung Audio (Bagian 1)
Articles
Sudah dibaca 205 kali
Senin, 18 Feb 2019 13:28
Ekuivalensi Tabung Audio (Bagian 1)
Posted by :

Oleh Donny S. (Bandung)

 

Tabung elektron sebagaimana diketahui ada beberapa jenis. Dari beberapa jenis tabung tersebut, yang biasa atau yang umum dipakai untuk audio amplifier adalah tabung jenis : Trioda, Tetroda, dan Pentoda (lihat Gambar utama).

Sebagaimana halnya komponen solid state (transistor), tabung elektron juga memiliki  ekivalen (persamaan bagi tipe-tipe tertentu). Ekivalen ini merupakan hal yang perlu diketahui oleh para penggemar tabung, karena nantinya akan memudahkan ketika mencari tabung pengganti untuk tipe tertentu.

Sebelum diuraikan tentang ekivalen tabung, perlu dijelaskan tentang standar tipe tabung. Standar tipe tabung berbeda dengan merek tabung. Merek suatu tabung biasanya menunjukkan dari negara mana tabung itu berasal.  Tentunya bisa terjadi beberapa tabung mempunyai standar tipe yang sama, tapi merek atau pabrik pembuatnya berbeda-beda. Sebagai contoh ada beberapa tabung tipenya sama misalnya tipe 6922, di sini merek atau pabrik pembuatnya bisa berbeda-beda, bisa Philips ECG, Siemens, Sovtex, Electro Harmonix. Dan uniknya tabung elektron ini, beda merek atau beda pabrik pembuatnya akan menghasilkan warna suara yang berbeda pula meskipun tipenya sama.

 

Standar Tipe Tabung

            Standar tipe tabung secara umum dikenal ada empat standar, yaitu : Standar Eropa, Standar Amerika, Special Quality, Standar Military.  Penjelasan ringkas ke empat standar tersebut adalah sebagai berikut :

1. Standar Eropa

            Standar tipe Eropa ditulis dengan dua atau tiga huruf di depan, kemudian di ikuti oleh dua angka. Contohnya : ECC 82, ECC 83, ECC 88, EBC 11, EL 84, EL 34.  Huruf pertama menunjukkan tegangan filamen tabung. Huruf kedua dan ketiga menunjukkan jenis tabung, apakah itu tabung : Trioda, Tetroda, Pentoda. Sedangkan kode angka menunjukkan jenis socket tabung, apakah itu socket : Kneep, Loktal, Octal, Rimlock, Noval, Miniatur.

 

2. Standar Amerika

            Standar Amerika ditulis mulai dengan satu atau dua digit angka di depan yang menunjukan tegangan filamen (angka 6 filamen = 6,3 Volt, angka 12 filamen = 12,6 Volt). Kemudian disusul oleh beberapa huruf dan satu digit angka sesudahnya. Contohnya : 12AT7, 12AX7, 12AU7, 6DJ8, 6SN7, 6SL7, 6CG7, 6CA7, 6BQ5, 6V6, 6L6.

3. Special Quality

            Tabung jenis special quality mempunyai nilai noise lebih kecil, derajat kekembaran yang sama, serta umur tabung yang lebih panjang dibandingkan tabung standar biasa.

            Kode special quality hanya berlaku untuk beberapa jenis tabung saja dan penulisannya ditulis mulai dengan huruf E, kemudian di ikuti beberapa digit angka dan beberapa huruf. Contohnya : E81CC, E82CC, E802CC, E83CC, E88CC, E188CC, E188CC-01, E288CC.

Selain itu beberapa pabrikan tertentu memberikan kode penulisan lain. Misalnya pabrikan Amperex  terkadang  menambahkan kode PQ (Premium Quality) untuk tabung special qualitynya.

Kemudian Tian Jin nama kota di mana pabrik tabung tersebut berada, sering menambahkan kode +  untuk tabung versi special qualitynya. Tabung keluaran kota Tian Jin ini dikenal dengan merek : TJ Full Music, All Music, Sophia Electric.

Tabung tipe 6SN7 dan 6SL7 memakai kode GTB, GT, untuk versi special qualitynya.  Kemudian tabung merek Kron (KR) memberi kode VV 32 B dan 300B XLS untuk tabung 300B yang versi special qualitynya.

Selanjutnya ada juga yang menggunakan kode WA untuk tabung special qualitynya, misalnya untuk tabung tipe 5842 diberi kode 5842 WA.

 

4. Standar Military

            Tabung standar military dibuat dengan kualitas khusus yaitu dengan konstruksi yang diperkuat terhadap guncangan. Dengan konstruksi yang diperkuat terhadap guncangan ini, akan membuat tabung lebih tahan terhadap gejala mikrophonis.  

            Tabung standar military biasanya diberi tipe dengan empat digit angka, misalnya : 5751, 5814, 6189 , 6922.  Selain pemberian tipe dengan empat digit angka, ada juga tabung standar military yang diberi kode huruf : JAN, CV, dan M. 

Kode huruf JAN (singkatan Joint Army Navy) digunakan oleh pabrikan : Philips ECG, General Electric, dan Sylvania karena terlibat proyek militer pada waktu itu.  Contoh tabung yang memakai kode JAN ini : JAN PHILIPS ECG 12AX7 WA,  JAN PHILIPS ECG 5814A,  JAN PHILIPS ECG 6922, JAN PHILIPS ECG 5687.

            Kode huruf CV lebih umum dipakai untuk standar military, misalnya : CV4024, CV 4003, CV4004, CV2492, CV2493, CV5358.  Pabrikan yang biasa menggunakan kode huruf ini adalah : Mullard, Brimar, Chelmer Valve Co (CVC)

            Kemudian kode huruf M hanya dipakai pabrikan Mullard dan Brimar saja, misalnya : M8162, M8136, M8137.

            Pengkodean tabung standar military dengan huruf : JAN, CV, dan M ini, tidak berlaku untuk tabung-tabung buatan Rusia. Tabung buatan Rusia diberi kode huruf OTK untuk yang versi militarynya. 

Selanjutnya ada juga yang menggunakan kode huruf VT untuk standar military, yaitu pabrikan : RCA,  Hytron, Tungsol, Sylvania. Contoh tabung dengan kode VT ini : VT75, VT 100, VT95, VT4C, VT43, VT231, VT229.

 Kemudian untuk tabung tipe 6SN7 dan 6SL7, versi militarynya menggunakan kode huruf WGTA.

 

-Bersambung

0 Chat
Load More Comment
Latest Articles
Bertemu Kolektor PH di Hongkong
AmplIfier Yang Baik
Musiknya Pak Dokter
Pentingnya Hadir di Technical Meeting IHEAC SHOW
Keindahan Tabung di IHEAC Show
Popular Articles
APA BEDA AMPLIFIER TABUNG DAN AMPLIFIER TRANSISTOR
Turntable bagi Pemula
Loud speaker untuk SET
Beda kualitas suara analog dan digital
KIAT MEMILIH LOUD SPEAKER
Latest Chat
Beda kualitas suara analog dan digital
Contoh RT-60
Bermain Analog Player mempunyai sukacita tersendiri.
APA BEDA AMPLIFIER TABUNG DAN AMPLIFIER TRANSISTOR